Penggunaan Energi Nuklir Adalah Opsi Terakhir

INILAH.COM, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyatakan, penggunaan nuklir sebagai sumber energi listrik merupakan pilihan terakhir dalam proyeksi Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang disusun Dewan Energi Nasional (DEN).

“DEN mencantumkan nuklir itu menjadi sarana pembangkit energi alternatif terakhir,” kata Jero Wacik usai peluncuran buku hemat energi dan air di TMII Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Wacik mengatakan, Indonesia baru akan menggunakan nuklir sebagai sumber energi apabila sumber-sumber energi lainnya sudah habis. “Kalau sumber-sumber yang terakhir sudah habis, maka nuklir digunakan,” katanya.

Dia mengemukakan, nuklir dijadikan sebagai alternatif paling akhir karena penggunaan nuklir sangat beresiko. Pihaknya khawatir akan terjadi bencana penyebaran radiasi apabila terjadi kelalaian. “Nuklir itu masih dalam kategori perlu disiplin sangat tinggi. Nanti kalau bocor, rakyat kena radiasi bagaimana?” ujarnya.

Karena itu, pihaknya lebih memilih untuk mengedepankan penggunaan minyak bumi, gas, dan batubara sebagai sumber energi. “Ini kita masih punya minyak, gas, batubara, pakai dulu lah,” tuturnya. [ast]