Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr Jalani Tes Keamanan

LI4C73F4AEB92D5Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) mengatakan pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr sedang menjalani pemeriksaan keamanan agar sebelum ditangani sepernuhnya oleh Iran.

“Pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr harus menjalani serangkaian tes sebelum kita  mengambil alih semua kendali,” kata Fereydoun Abbasi pada hari Sabtu (9/3/13).Dia mencatat bahwa tes teknis harus dilakukan dengan benar hingga AEOI dapat memastikan keselamatan pembangkit listrik.Iran menandatangani kesepakatan dengan Rusia pada tahun 1995. Situs itu semestinya  selesai pada tahun 1999. Tapi proyek ini berulang kali ditunda oleh Rusia karena tekanan kuat yang dihadapi Moskow dari Amerika Serikat dan sekutu Baratnya.

Pada September 2011, pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr secara resmi mulai beroperasi dan menghasilkan energi listrik sebesar 40 % dari kapasitasnya.

Pabrik 1000-megawatt  yang beroperasi di bawah pengawasan penuh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akhirnya menghasilkan energi secara maksimal untuk pertama kalinya pada bulan Agustus 2012.

Iran dan Rusia telah meyakinkan masyarakat internasional bahwa situs itu memiliki standar keselamatan yang sangat tinggi dan berada di bawah perlindungan IAEA.[IT/r]

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2014 Blog Nuklir. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie